Rabu, 23 September 2015

Mengaplikasikan nama sheet menjadi periode laporan

Ternyata nama sheet dapat kita gunakan juga sesuai kebutuhan. Salah satunya sebagai periode pembukuan pada laporan kita. Dimana kita ketahui untuk laporan yang berhubungan finance dan admin akan selalu membuat laporannya per bulan dengan format yang sama, contohnya Laporan Buku Bank, Laporan Hutang Dagang, Laporan Neraca, dll.

Bagi teman-teman yang bekerja sering menggunakan EXCEL, mungkin trik pada artikel ini akan cukup membantu teman-teman dalam mengaplikasikannya ke dalam pekerjaan-pekerjaan yang berkaitan dengan EXCEL, sehingga selain mempermudah pekerjaan, juga dapat meminimalkan kesalahan.

Supaya nama sheet dapat kita gunakan sebagai periode, kita harus menstandarkan penamaan sheet. 
Contoh formatnya : "MMYY", "Keterangan MMYY", "MMYY Keterangan", dll.
MM = Month / Bulan
YY = Year / Tahun

Contoh untuk format "Keterangan MMYY" = PO 0915, PO 1015, PO 1115


Rumus-rumus yang digunakan :


1. Rumus untuk menampilkan nama sheet :
    =MID(CELL("filename",A1),SEARCH("]",CELL("filename",A1))+1,255)


2. Rumus untuk mengubah nama sheet (point 1) menjadi tanggal :
    =DATE("20"&RIGHT(I1,2),LEFT(I1,2),"01")


3. Rumus menggabungkan keterangan dengan tanggal (point 2)
    ="Periode "&TEXT(J1,"mmmm yyyy")



 4. Rumus mencari tanggal akhir bulan lalu dari tanggal point 2.  
     =TEXT(EOMONTH(J1,-1),"dd-mmm-yy")


     Note :  
     * fungsi Eomonth hanya bisa digunakan untuk Office 2007 keatas
     * J1 = 9/1/2015
     * -1 = 1 Bulan sebelumnya

  
5. Rumus menggabungkan keterangan dengan tanggal (point 4)
     ="Saldo Kas Tgl "&TEXT(A5,"dd mmmm yyyy")




Dari rumus ke-1 dan rumus ke-2 dapat kita gunakan di worksheet manapun, sedangkan untuk rumus ke-3 hingga ke-5 akan berubah-ubah sesuai kebutuhan. Untuk fungsi-fungsi rumus diatas, saya menganggap teman-teman sudah mengerti.
Contoh kasus diatas dapat di download disini.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar